Minggu, 08 November 2009

Exel XP, 2003

2. Exel XP, 2003
Menghapus Duplikat Baris dari Deretan

YANG dimaksud dengan duplikat baris (juga disebut record) dalam suatu deretan adalah baris yang semua nilainya persis sama dengan nilai dalam baris lain. Untuk menghapus duplikat baris, Anda bisa memfilter deret dengan baris unik, menghapus baris asli, kemudian menggantinya dengan deret berfilter. Deret asli harus memiliki header kolom.
Sekadar mengingatkan: karena data dihapus secara permanen, tak ada ruginya membuat salinan deret aslim ke worksheet atau workbook lain sebelum melanjutkan ke langkah berikut.
Sorot seluruh baris, termasuk header kolom di deret yang hendak anda filter. Klik sel kiri atas rentang tersebut, kemudian seret ke sek kanan bawah. Dari Menu Data, arahkan ke filter, klik filter the list, in place. Centang Unique records only, kemudian klik OK. Deret yang sudah difilter akan muncul dan baris duplikat disembunyikan.
Pada menu Edit, klik Office Clipboard; panel task Clipboard akan muncul. Pastikan deretan yang difilter masih tersorot, lalu Click Copy. Dari Menu Data, arahkan ke filter, kemudian Klik Shoe All. Deret asli akan muncul kembali. Tekan Delete. Deret asli akan dihapus.
Di Clipboard, klik item deret yang terfilter. Deret terfilter akan muncul di lokasi yang sama seperti deret asli.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar